Tips dan Inspirasi

8 Tips Praktis Pindah Rumah Anti Ribet

Pindah rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Pindah rumah akan terasa sangat menyenangkan ketika Anda bisa pindah rumah ke tempat yang lebih baik dan lebih nyaman. Namun tetap saja akan terasa melelahkan karena Anda harus melakukan banyak hal supaya barang-barang yang Anda miliki bisa terbawa semua.

Hal yang paling ditakutkan saat akan atau sedang pindah rumah adalah ribetnya. Karena Anda harus memilah-milah barang, mengepaknya ke dalam dus atau peti, memasukkannya ke mobil pengangkut, dan saat sudah sampai di rumah baru Anda harus membereskan kembali barang-barang tersebut. Namun, bukankah hal di atas merupakan seni dari pindah rumah?

8 Tips Praktis Pindah Rumah

Bagi Anda yang saat ini sedang mempersiapkan pindah rumah dan merasa malas dengan segala macam keribetan yang akan Anda hadapi, Anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini ada 8 tips yang bisa Anda jalankan supaya pindahan rumah Anda lebih efektif, efisien, dan anti ribet. Diantaranya adalah:

Mengepak Barang

Mengepak barang akan menjadi kegiatan yang memakan waktu cukup banyak, apalagi jika barang yang Anda miliki cukup banyak. Untuk menyiasati hal tersebut mulailah untuk cicil mengepak barang-barang Anda dari jauh hari.

Seperti yang Anda tahu mengepak barang pindahan kadang membutuhkan dus yang cukup banyak, oleh karena itu cobalah beberapa benda yang cocok untuk dijadikan tempat menaruh barang-barang Anda, dan sisanya bisa Anda masukkan ke dus.

Perlu Anda perhatikan kadang dalam proses pengiriman banyak hal yang bisa terjadi, maka pastikan Anda mengepak barang dengan rapi. Usahakan beri perlindungan tambahan pada barang-barang yang mudah pecah atau rusak. Jika perlu tuliskan pada bagian atas dari dus tersebut bahwa barang yang ada di dalamnya barang yang mudah rusak.

Lihat juga : 13 Tips Menjadi Pribadi yang Produktif dan Efektif

Memilah Barang

Tentu Anda memiliki barang-barang yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan. Supaya pindahan Anda menjadi lebih ringan, cobalah untuk sumbangkan atau jual barang-barang yang sudah tidak Anda butuhkan.

Atau jika barang tersebut sudah rusak, Anda bisa membuangnya langsung atau menjualnya ke rongsokan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi jumlah barang yang harus Anda kemas dan bawa selama pindahan. Supaya lebih praktis, cobalah untuk sumbangkan atau jual barang-barang tersebut jauh-jauh hari sebelum Anda pindah.

Sewa Mobil Angkut

Setelah barang sudah selesai di kemas dan siap untuk dibawa pindah, mulailah cari referensi angkutan yang bisa membawa seluruh barang Anda sekaligus. Karena akan semakin melelahkan rasanya jika Anda memaksakan pindahan dengan kendaraan pribadi dan harus bolak-balik untuk membawa semua barang Anda.

Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa angkutan khusus pindah rumah, contohnya seperti Lalamove, GoBox, dan lain sebagainya. Dengan begitu selain barang Anda bisa diangkut sekaligus, Anda juga akan mendapatkan bantuan saat mengangkat dan menurunkan barang dari mobil pengangkut.

Bersihkan Rumah Baru

Sebelum Anda memutuskan untuk pindah rumah, jangan lupa untuk membersihkan rumah baru Anda terlebih dahulu. Karena dengan begitu Anda akan lebih cepat dalam merapikan dan menata barang-barang yang Anda pindahkan.

Karena jika Anda memutuskan untuk membersihkan rumah bersamaan dengan waktu pindahan, akan membuat Anda membersihkan beberapa bagian rumah berkali-kali karena bagian tersebut sering Anda lewati saat sedang menata dan merapikan barang pindahan.

Hubungi Penyedia Jasa Layanan yang Anda Gunakan

Tentu ada sebagian dari Anda yang menggunakan jasa layanan telepon atau WIFI di rumah lama Anda. Sebelum pindahan, pastikan untuk menghubungi penyedia layanan tersebut untuk memberhentikan proses penagihan pada alamat rumah lama Anda.

Jika jasa layanan yang Anda gunakan saat ini tersedia di rumah baru Anda, maka mintalah mereka untuk memindahkan layanan yang sudah Anda sewa ke rumah baru Anda supaya Anda tidak perlu repot-repot mengganti dengan penyedia layanan yang baru.

Siapkan Perlengkapan Esensial

Saat sedang pindah rumah, menata kembali barang pada rumah baru Anda tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan terkadang bisa memakan waktu hingga berhari-hari.

Sebagai salah satu bentuk antisipasi dari hal tersebut siapkanlah satu box berisi kebutuhan utama Anda misalnya seperti sleeping bag, pakaian ganti, alat makan, alat mandi, atau kebutuhan lainnya, yang bisa Anda gunakan jika nantinya kamar tidur Anda belum siap untuk digunakan.

Siapkan Alat Pecah Belah

Salah satu barang yang membutuhkan perhatian lebih saat sedang pindah rumah adalah barang pecah belah seperti piring, mangkok dan gelas. Untuk meminimalisir kerusakan pada barang pecah belah Anda, usahakanlah untuk menambah perlindungan pada barang tersebut sebelum dimasukkan ke dalam dus.

Anda bisa menambahkan bubblewrap atau gulungan koran supaya barang tersebut aman terkena guncangan. Pastikan juga saat di dalam mobil pengangkut box tersebut jangan di taruh di bagian paling bawah. Atau supaya lebih aman, khusus barang pecah belah bisa Anda bawa di dalam mobil pribadi Anda.

Vakum Pakaian

Kadang, yang membuat packing terasa lebih banyak dan besar karena pakaian yang mengembang dan memakan banyak tempat. Untuk mengakali hal tersebut Anda bisa vakum pakaian-pakaian yang memiliki bentuk mengembang.

Selain itu Anda juga bisa memvakum benda-benda lain seperti selimut, bed cover, seprei atau benda lainnya. Supaya dus yang Anda gunakan untuk mengemas barang bisa berfungsi lebih maksimal dan muat lebih banyak barang.

Demikian 8 tips pindah rumah dengan efisien dan anti ribet yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang saat ini baru berencana ingin pindah rumah dan sedang mencari referensi rumah dengan kualitas baik jangan lupa untuk kunjungi website Damaravillage.co.id. Akhir kata, selamat menikmati suasana rumah baru!