Tips dan Inspirasi

11 Tips Memulai Investasi Properti Bagi Pemula

Hulabelle.com – Properti merupakan bidang investasi yang populer sekarang ini untuk generasi milenial. Cara berinvestasi properti tidak boleh dilakukan sembarang agar tidak dirugikan nantinya. Properti itu sendiri dapat menjadi aset berharga yang manfaatnya luas karena dapat ditinggali atau pun dijual.

Apa yang Dimaksud dengan Investasi Properti?

Bukan hanya menjadi hunian pribadi saja, properti bisa dimanfaatkan juga sebagai ladang bisnis atau pun investasi. Semakin lama, properti memiliki harga yang naik terus sama halnya dengan tanah. Investasi properti merupakan jenis investasi yang dilakukan dengan membeli, memiliki, menyewa, menjual atau mengelola real estate.

Maksud dari investasi properti tentunya menghasilkan keuntungan. Pembelian properti atau produk real estate tersebut diharapkan bisa memperoleh keuntungan ROI. Saat menjalankan investasi satu ini, pihak investor bisa perorangan, korporasi atau pun kelompok kecil.

Hal tersebut tergantung jumlah modal sebab investasi satu ini membutuhkan modal cukup besar. Walau besar modalnya, investasi properti memiliki risiko relatif kecil. Kalau kamu modal, maka berinvestasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang disarankan.

Keuntungan Melakukan Investasi Properti

Berinvestasi properti yang sering diminati memiliki alasan tertentu mengapa bisa sangat populer sampai sekarang. Berikut beberapa keuntungan atau kelebihan melakukan investasi dalam bidang properti:

Pada umumnya, harga properti akan terus meningkat

Ada salah satu pertimbangan banyak orang melakukan investasi ini karena harga produk properti/ real estate terus meningkat. Kita mungkin banyak yang tahu kalau bidang properti mempunyai nilai yang stabil atau cenderung tetap. Lalu mengapa nilai properti bisa stabil.

Karena dari faktor kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal yang merupakan salah satu kebutuhan primer. Kebutuhan akan tempat tinggal maupun jenis bangunan lain selalu ada. Maka dari itu, penting untuk kita belajar bidang investasi ini agar dapat memperoleh profit yang selalu meningkat.

Hindari berinvestasi pada bidang yang memiliki risiko tinggi terutama kalau kamu merupakan investor pemula.

Lihat juga : Tips Nonton Dari Rumah Rasa Bioskop

Ideal untuk jangka panjang

Dari nilai properti yang stabil, bisa membuat investasi ini merupakan pilihan tepat untuk jangka panjang. Bukan hanya stabil saja, bahkan kalau kamu memiliki produk properti yang nilainya sangat tinggi, maka keuntungan akan lebih menggiurkan.

Di masa depannya, kamu bisa menikmati keuntungan tinggi sebanding dengan kualitas properti yang dimiliki.

Terdapat bentuk fisik yang jelas

Ada lagi keuntungan dari berinvestasi properti dan hal satu ini tidak dapat diabaikan begitu saja yaitu jelas terdapat bentuk fisiknya. Meski namanya investasi, produknya bisa dilihat dan disentuh langsung.

Tidak seperti beberapa jenis investasi lain, jenis investasi ini bisa kita lihat dengan jelas seperti apa wujud barangnya. Misal produk properti pada umumnya seperti rumah, tanah, apartemen, kost-kostan, gedung, dan sebagainya.

Pihak pemilik memiliki full control

Ada lagi keuntungan lain kalau kamu memilih investasi properti yaitu merasakan kontrol penuh terhadap investasi tersebut. Dengan berinvestasi properti, maka kamu dapat mengatur langsung investasinya. Kamu bisa menjualnya, disewa atau pun bisa beli lagi properti baru tanpa batasan.

Tips Mulai Investasi Properti Bagi Para Pemula

Banyak orang-orang berlomba-lomba melakukan investasi karena bisa dijadikan cadangan dana untuk masa depan nanti. Investasi yang layak dicoba yaitu properti. Untuk para investor pemula, berikut ini beberapa cara agar investasi properti bisa dilakukan secara tepat.

Lokasinya harus strategis

Salah satu pertimbangan dalam memulai investasi properti yaitu lokasinya. Para pemula harus riset seputar lokasi properti terkait. Pastikan lokasinya memang tepat misal lokasi tersebut mempunyai yang prospek baik untuk dikembangkan. Bukan hanya dalam waktu pendek saja, pertimbangkan waktu menengah, bahkan panjang juga.

Dengan begitu, investasi properti yang dilakukan akan lebih menjanjikan. Lokasi properti yang dipilih bukan hanya menilai sesuai kondisi saat itu. Tetapi akan lebih baik kalau prediksi dilakukan untuk kondisi masa depan nanti.

Properti yang dekat akses keramaian umumnya memiliki nilai tinggi. Bahkan jika memang benar-benar strategis, nilainya bisa cepat melesat. Coba pertimbangkan rumah yang letaknya pada lokasi yang punya prospek menjanjikan untuk membuka bisnis juga.

Masih banyak tentunya pertimbangan memilih lokasi dalam berinvestasi properti. Pastikan kamu tidak melakukan investasi pada properti yang lokasinya ‘mati’ atau susah berkembang.

Cicilan harus disesuaikan dengan kemampuan

Berinvestasi lebih baik tidak secara terpaksa, kabar baiknya properti tak mesti identik dengan biaya mahal. Investasi properti bisa dilakukan mulai dari yang modalnya kecil karena terdapat sistem kredit atau cicilan.

Walau pun memakai sistem kredit, tetap perlu siapkan biaya tanda jadi, dan uang muka. Biaya penting lain untuk investasi properti yaitu biaya perbankan, akta notaris, atau biaya-biaya lainnya. Kamu perlu mempersiapkan hal satu ini secara matang.

Bukan hanya sekadar mempersiapkan biaya uang muka saja, harus pikirkan cicilan saat berinvestasi properti. Pembayaran angsuran setiap bulannya harus disesuaikan dengan gaji setelah dikurangi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Teliti dalam memilih pengembang

Ada lagi tips lainnya jika ingin mulai berinvestasi properti yaitu teliti pilih pengembang. Jika keliru, maka bisa saja kamu tertipu saat baru mulai ingin berinvestasi. Tingginya minat pasar perumahan telah membuat pengembang abal-abal bermunculan.

Sudah banyak korban investasi properti bodong yang berharap mendapatkan keuntungan tapi malah mendapatkan kerugian besar. Pilih pengembang properti yang profesional mengelola perumahan.

Coba lihat seperti apa catatan perjalanannya, mereka pernah sebelumnya mengalami masalah hukum atau tidak. Jika sering diberitakan negatif, maka perlu dipertimbangkan kembali pastinya. Lewat internet, kita bisa mengetahui banyak hal baik itu dengan mesin pencari atau pun sosial media.

Pilih yang memiliki fasilitas lengkap

Ada beberapa produk properti yang dibuat secara asal-asalan oleh pihak pengembang. Mereka tidak memikirkan seperti apa prospek jangka panjangnya. Hal seperti ini yang harus kamu waspadai saat ingin coba menerjuni investasi properti. Sebagai pemula, sudah sepatutnya kamu teliti.

Hindari langkah tergesa-gesa saat mengambil langkah terutama untuk investasi yang bernilai tinggi. Cara tepat berinvestasi properti adalah mengecek dengan baik kelengkapan fasilitasnya. Mulai dari yang umum yaitu akses air, listrik, dan akses jalan.

Pertimbangkan juga fasilitas tempat ibadah, pendidikan, pasar, atau pun lokasi penting lain seperti terminal dan stasiun. Pada dasarnya, orang-orang mencari rumah atau properti lain harus yang strategis. Kita perlu memahami preferensi-preferensi seperti itu sebelum terjun ke investasi properti.

Lihat juga : 8+ Game Online Populer yang Bisa Dimainkan di PC

Cek kembali apakah harganya sudah wajar atau belum

Biasanya setiap wilayah mempunyai harga berbeda-beda untuk properti. Nilai properti akan sesuai prospek pengembangan untuk ke depannya. Tips berinvestasi properti agar tepat sasaran yaitu dengan cek harga normalnya.

Setiap hunian yang ingin dibeli, harus dicek harga pada umumnya dengan menanyakan ke rumah-rumah yang telah terjual sebelumnya. Mengetahui harga wajar sangat penting agar bisa menjadi bekal sebelum hendak memilih rumah.

Pengembang biasanya mengetahui calon pembeli properti yang awam. Tidak jarang oknum-oknum memanfaatkan hal tersebut dengan mematok harga yang tidak wajar. Jadi, hal seperti ini harus diketahui lebih jauh sebelum mencoba berinvestasi properti.

Jika ingin berinvestasi properti, jangan sampai harus terlilit hutang

Memang hutang boleh dilakukan, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan ketika membayar cicilan atau angsurannya. Hal yang perlu dihindari yaitu jangan sampai nantinya kamu harus terlilit hutang.

Kalau tidak dapat membayar, maka akan ribet urusannya apa lagi kalau harus berurusan dengan lembaga keuangan. Kalau hutang tidak bisa dibayar, maka membuat reputasi kamu menjadi buruk. Dari tiap pengajuan kredit, biasanya nama-nama dicek terlebih dahulu.

Nama yang pernah menunggak hingga yang tidak bisa membayar, mungkin saja dicoret. Akan sulit nantinya untuk dipercaya kembali oleh lembaga perbankan agar mereka bisa memberi hutang pada kamu. Lebih berhati-hati dan pastikan hal seperti ini jangan sampai terjadi.

Ketahui biaya yang perlu dikeluarkan pastinya

Persiapan biaya sangat penting saat ingin berinvestasi properti. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu uang muka misal dan biaya lain. Kalau kamu memakai sistem KPR, persiapan biaya pada umumnya mulai dari DP, pajak, notaris, dan dokumen-dokumen tertentu.

Biasanya perbankan menawarkan fasilitas cicilan rumahan mulai dari 5, sampai 25 tahun. Coba pastikan kembali cicilan tersebut bersifat flat atau tidak. Artinya nominalnya sama sampai akhir cicilan. Harus dipastikan semua detailnya ke beberapa pihak.

Pihak yang utama yaitu bank dan pengembang. Dengan lebih pasti, maka kamu akan dihindarkan dari potensi rugi.

Menyiapkan dana cadangan

Dana tambahan juga perlu diperhatikan, terdapat beberapa dana tertentu yang nanti kamu butuhkan. Mulai dari renovasi rumah, bisa untuk kanopi, pagar, dapur dan sebagainya. Dana tambahan bisa seperlunya saja sesuai isi rekening kamu. Dana cadangan bisa dialokasikan untuk biaya asuransi-asuransi.

Lebih hati-hati saat ingin berinvestasi online

Bukan hanya investasi saham yang dapat dilakukan transaksinya lewat dunia virtual. Saat berinvestasi properti bisa dilakukan juga secara online lewat platform khusus. Platform ini yang berfungsi menghubungkan manajer aset properti dengan investor-investor.

Tapi perlu lebih waspada jika ingin berinvestasi properti melalui sistem online. Pastikan setiap proses dan transaksinya benar-benar aman. Dengan ekstra waspada, dimaksudkan supaya keuntungan bisa didapat tanpa mengalami kecolongan saat berinvestasi.

Tapi untuk pemula, disarankan untuk menghindari investasi properti melalui online. Jika sudah paham betul sistem investasi properti, maka bisa coba melalui online.

Cari tahu tingkat kejahatannya sejauh apa

Biasanya orang-orang bersedia tinggal hanya pada lokasi yang lebih aman atau tidak rawan tindakan kriminal. Lokasi properti yang ingin kamu investasikan tidak akan mudah diminati penyewa, kalau lokasinya rawan bahaya.

Agar bisa mengukur kejahatan pada suatu daerah, bisa dengan lihat data statistiknya. Data ini biasanya ada di laman resmi atau melalui perpustakaan umum. Cari tahu lebih pasti misalkan apakah yang sering terjadi vandalisme, begal, pencurian, atau kejahatan serius.

Cari tahu potensi terjadinya bencana alam di lokasi terkait

Memang bencana alam bisa pasti ada kapan pun tanpa diketahui waktu tepatnya. Tapi ada lokasi-lokasi tertentu yang jelas memiliki potensi terkena bencana alam lebih sering. Cara tahunya melalui data statistik pastinya.

Kalau kamu mempunyai properti yang daerahnya rawan bencana, maka akan susah ke depannya. Bencana yang dimaksud bukan hanya tanah longsor, dan gempa saja tetapi termasuk banjir juga.

Karena hal seperti ini yang bisa sangat berpengaruh terhadap nilai properti atau pun biaya yang perlu dikeluarkan. Demikian saja, semoga informasi dari Hulabelle bermanfaat untuk kamu semua.