Tips dan Inspirasi

Tips Memilih Pekerjaan Untuk Karir Masa Depan

Saat ini sudah cukup banyak jenis lowongan pekerjaan yang bisa Anda temukan secara online di website resmi perusahaan ataupun di website khusus yang menyediakan banyak informasi lowongan dari berbagai perusahaan. Dengan semakin banyaknya jenis lowongan kerja mungkin akan membuat Anda semakin bingung dalam memilih pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Padahal karir yang Anda pilih saat ini mampu mempengaruhi karir dan hidup Anda di masa depan. Supaya Anda tidak merasa terjebak di pekerjaan yang tidak Anda sukai dan akhirnya membuat Anda tidak semangat untuk bekerja, Anda bisa simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan tips menentukan karir yang cocok untuk Anda.

Tips Menentukan Karir

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari lowongan pekerjaan yang cocok untuk Anda dimasa kini maupun masa depan, Anda bisa ikuti beberapa tips di bawah ini:

Kenali Diri Anda

Sebelum memilih sebuah pekerjaan ada baiknya untuk Anda mengenali diri Anda sendiri. Anda harus paham keterampilan yang Anda kuasai, minat pada suatu hal, bakat yang ada pada diri Anda, serta kepribadian Anda sendiri.

Kini sudah terdapat berbagai macam jenis tes baik gratis maupun berbayar yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui diri Anda sendiri baik untuk pengembangan diri atau khusus untuk mengetahui bakat karir Anda. Jika memungkinkan cobalah untuk mengikuti tes tersebut agar Anda bisa mendapatkan karir yang sesuai dengan diri Anda.

Buat List Pekerjaan

Saat Anda sudah mengetahui tentang minat, bakat, keterampilan dan juga kepribadian yang ada pada diri Anda selanjutnya Anda buat list beberapa jenis pekerjaan yang akan sesuai dengan diri Anda. Dengan list tersebut selanjutnya Anda bisa mulai mencari pekerjaan di website resmi perusahaan, akun sosial media, aplikasi khusus penyedia info lowongan, ataupun website khusus penyedia informasi lowongan dari berbagai perusahaan.

Cek Deskripsi Pekerjaan

Saat Anda mencari pekerjaan secara online, disana Anda akan menemukan berbagai informasi penting dari perusahaan yang sedang membuka lowongan. Diantaranya Anda akan menemukan deskripsi dari tugas pekerjaan, syarat untuk melamar, benefit yang akan Anda dapatkan dari perusahaan tersebut, dan lain sebagainya.

Bandingkanlah deskripsi dari masing-masing lowongan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang terbaik dan lebih cocok dengan minat, bakat, dan kepribadian Anda.

Sebagai salah satu upaya untuk mencari tahu tentang pekerjaan tersebut, Anda bisa cari tahu rating perusahaan tersebut dan bagaimana review orang-orang yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu Anda bisa mengira-ngira bagaimana budaya kerja yang ada di perusahaan tersebut.

Baca juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Startup Pada Era Digital

Pertimbangkan Potensi Jenis Pekerjaan

Saat sedang mencari tahu informasi seputar lowongan pekerjaan jangan lupa untuk cari tahu potensi pekerjaan tersebut di masa depan dan ketahui juga seberapa besar saingan untuk pekerjaan tersebut.

Seperti contoh jenis pekerjaan yang saat ini masih minim persaingan dan diprediksi akan semakin berkembang dengan cukup baik dimasa depan adalah Data Analyst, Digital Marketing, pekerjaan dibidang IT seperti Web Designer, dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki kualifikasi yang cocok untuk pekerjaan tersebut, cobalah untuk melamar, atau jika Anda saat ini tidak memiliki cukup keterampilan Anda bisa mengikuti berbagai jenis kursus untuk jenis pekerjaan tersebut.

Kesempatan Aktualisasi Diri

Aktualisasi diri adalah keinginan untuk menggunakan seluruh potensi diri supaya bisa mencapai sesuatu yang diinginkan. Contoh dalam kasus ini adalah seperti keinginan Anda untuk menguasai pekerjaan Anda sampai ke tingkat mahir, bisa mencoba hal-hal baru selama bekerja di perusahaan, atau mungkin keinginan Anda untuk bisa naik jabatan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang terbuka dengan jenjang karir dan menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mengasah skill Anda dalam bekerja. Jika Anda tipe orang yang suka akan tantangan, suka mengeksplor diri, dan suka dengan peningkatan kualitas diri, pertimbangkanlah untuk memilih perusahaan yang menyediakan jenjang karir atau ketersediaan fasilitas untuk mengupgarde skill Anda.

Kerucutkan List Pekerjaan

Saat Anda sudah berhasil membandingkan antara deskripsi pekerjaan yang satu dengan yang lainnya tentu Anda akan memilik kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan diri Anda. Supaya Anda bisa melamar pada pekerjaan yang paling sesuai dan tidak ada list lowongan yang tertinggal, kerucutkan list yang sebelumnya sudah Anda buat menjadi list pekerjaan yang paling cocok untuk Anda.

Selain memilih pekerjaan yang paling cocok dengan Anda perhatikan juga beberapa poin seperti prospek pekerjaan tersebut di masa depan, jumlah gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan tersebut, dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa coret beberapa pekerjaan yang tidak sesuai dengan keterampilan, latar pendidikan, dan lain sebagainya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika Anda memiliki keinginan aktualisasi diri pada karir Anda, pilihlah perusahaan yang memiliki jenjang karir atau pilih perusahaan yang menyediakan biaya atau fasilitas tambahan untuk upgrade skill Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Tentukan Pilihan

Setelah pilihan pekerjaan semakin mengerucut, Anda bisa mulai untuk tentukan pilihan karir yang paling sesuai dan bisa memberikan kepuasan untuk Anda. Jangan lupa untuk pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap pekerjaan tersebut. Pilihlah jenis pekerjaan yang kekurangannya masih bisa Anda toleransi dan tidak begitu memberikan dampak buruk bagi kehidupan Anda.

Tentukan Tujuan Anda

Dalam berkarir Anda akan dihadapkan dengan tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek berada di kisaran 6 bulan – 3 tahun, dan untuk tujuan jangka panjang berada di 3 – 5 tahun.

Tujuan jangka pendek yang bisa Anda tentukan dalam dunia kerja adalah misalnya, dalam kurun waktu 6 bulan Anda sudah berhasil menguai jenis pekerjaan A, dalam 6 bulan pertama paling tidak Anda sudah mampu mencapai target KPI (Key Performance Indicator) Perusahaan, dan lain sebagainya.

Untuk tujuan jangka panjang yang bisa Anda tentukan misal, dalam 3 tahun Anda sudah menjadi seorang ahli dalam pekerjaan tersebut, atau mungkin Anda sudah mendapat promosi jabatan dari perusahaan, atau target lainnya yang bisa Anda tentukan sesuai dengan keinginan dan ambisi Anda.

Terus Belajar

Saat ini banyak orang-orang yang bekerja bahkan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dengan begitu tentunya Anda harus bisa belajar dengan ekstra supaya bisa mengejar ketertinggalan dengan rekan kerja Anda yang latar belakang pendidikannya paralel dengan pekerjaannya saat ini.

Atau jika ternyata Anda memiliki minat pada jenis pekerjaan tertentu dan ternyata latar belakang pendidikan Anda tidak sesuai, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan kursus untuk jenis keterampilan tertentu. Maka, teruslah belajar dan jangan mudah merasa puas.

Itulah 9 tips yang dapat kami sampaikan untuk memilih lowongan pekerjaan yang sesuai untuk karir Anda di masa depan. Akhir kata, tetap semangat, ya!