Tips dan Inspirasi

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Rusak

Saat ini banyak orang yang menggunakan komputer sebagai penunjang pendidikan maupun pekerjaan. Penggunaan komputer setiap hari bila tidak dilakukan perawatan maka akan cepat rusak. Perawatan komputer bukan hanya perangkat keras saja seperti monitor, keyboard dan CPU tetapi perangkat lunak juga perlu Anda perhatikan.

Bila perawatan dilakukan secara rutin maka komputer Anda terhindar dari gangguan saat menggunakan komputer.

Cara Merawat Komputer Agar Tidak Rusak

Bagi Anda yang bekerja menggunakan komputer atau memiliki komputer di rumah, rawatlah komputer supaya lebih awet digunakan. Berikut akan dijelaskan cara merawat komputer melansir dari relogi.com :

Suhu yang sedang

Letakkan komputer di tempat yang memiliki suhu normal atau tidak begitu panas dan sebaiknya diletakkan pada ruangan yang memiliki ventilasi.

Menjaga aliran listrik

Bagi Anda pemilik komputer, disarankan menjaga aliran listrik agar terhindar dari gangguan. Disarankan menggunakan UPS atau stavolt. UPS atau Uninterruptible Power Supply memiliki fungsi dapat menyediakan daya ketika listrik padam.

Dengan begitu ketika mati listrik, Anda masih bisa menggunakan komputer. Sedangkan stavolt memiliki fungsi untuk menstabilkan listrik. Tetapi kedua benda tersebut memiliki fungsi untuk menstabilkan aliran listrik.

Bersihkan file yang tidak perlu

Bersihkan file yang sudah tidak lagi diperlukan, sebab file yang menumpuk bisa memperlambat kinerja komputer. Bila Anda abaikan file tersebut maka dapat menghabiskan ruang penyimpanan.

Bila hal itu terjadi maka kinerja komputer menjadi lambat. Saat Anda menghapus file yang tidak diperlukan pasti akan berpindah ke recycle bin sehingga Anda perlu menghapus file tersebut kembali di recycle bin.

Install antivirus

Sudah pasti suatu perangkat komputer mesti diinstall antivirus. Sesuai dengan namanya bahwa antivirus bisa mencegah dan menghapus virus yang ada dikomputer Anda. Sebab bila virus tidak dihapus dan dicegah dapat mempengaruhi performa komputer bahkan bisa merusak komputer sehingga bukan hanya install antivirus saja, tetapi Anda perlu mengupdatenya secara berkala.

Lihat juga : 13 Tips Menjadi Pribadi yang Produktif dan Efektif

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang banyak diinstall dikomputer Anda mempengaruhi ruang penyimpanan atau hardisk komputer Anda sehingga memperlambat write atau proses read. Dengan begitu dapat membuat beban kerja komputer menjadi lebih berat. Bila hal tersebut diabaikan maka hardisk akan cepat rusak bahkan hardisk tidak bisa digunakan kembali.

Defrag hardisk

Agar penggunaan komputer tidak lambat, maka Anda bisa menghapus file yang tidak digunakan. Namun Anda perlu lakukan hardisk defragment yang memiliki fungsi untuk mengakses file secara cepat yaitu dengan cara penulisan ulang data yang diproses.

Defragment bisa dilakukan secara terjadwal di Windows tujuh dan produksi selanjutnya namun bisa juga dilakukan secara manual. Tetapi Anda perlu menggunakan aplikasi disk defragmenter. Berikut cara penggunaannya :

  • Membuka menu start
  • Klik all programs
  • Accessories diklik
  • Memilih system tools
  • Selanjutnya klik defragmenter

Tidak semua file perlu didefragment sehingga Anda perlu analisa dahulu. Cek file Anda tingkat fragmentasinya seberapa besar dengan cara klik tombol analyze. Anda bisa melakukan defragment bila nilai fragmentasinya di atas 10% bila di bawah 10% Anda bisa lakukan defragmentnya dilain waktu.

Aktifkan sistem restore komputer Anda

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan supaya komputer terawat adalah mengaktifkan sistem restore. Dengan begitu performa komputer tetap stabil dan baik. Cara melakukan restore dengan cara klik icon my desktop computer lalu pada bagian properties diklik kemudian akan muncul tab sistem restore.

Lalu akan muncul Turn Off Sistem Restore On All Drives dan kemudian Anda klik. Dengan begitu aktif sistem restore dan Anda bisa bekerja secara optimal di komputer Anda.

Matikan komputer dengan benar

Saat menggunakan komputer kemudian ingin dimatikan, gunakan prosedur yang sesuai saat mematikan komputer, caranya dengan menekan tombol Windows kemudian pilih shutdown. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan ketika mematikan komputer yaitu close semua file yang Anda buka supaya terhindar dari hang saat menggunakannya kembali.

Anda juga jangan sesekali langsung menekan power CPU atau cabut kabel listrik, sebab mematikan komputer yang tidak benar mempercepat merusak komputer.

Pakai kabel ground

Pasti Anda pernah kesetrum ketika tidak sengaja menyentuh bagian luar CPU. Oleh sebab itu untuk menghindari aliran listrik maka sebaiknya Anda mengupas ujung kabel dan dikaitkan atau ditempelkan bagian ujung lainnya ke dalam tanah.

Anda bisa gunakan kabel dengan panjang kisaran 1 meter. Pemasangan kabel ground itu digunakan supaya menetralisir arus listrik yang nyasar. Bukan hanya itu saja, tetapi arus listrik yang tidak nyasar akan membuat awet pada komputer karena dapat menghemat daya listrik.

Itulah beberapa cara merawat supaya komputer terawat atau tidak mudah rusak. Bukan itu saja yang menjadi hal penting dalam penggunaan komputer. Tetapi saat menggunakan komputer ada beberapa yang perlu diperhatikan, seperti :

  • Jarak komputer antara Anda dengan layar lebih dari 30cm
  • Mata harus sejajar dengan layar komputer
  • Posisi duduk yang tegak dan leher harus lurus
  • Gunakan kursi yang nyaman dimana kaki menapak pada lantai
  • Ruangan yang cukup untuk menyesuaikan lengan dan kaki
  • Jaga kebersihan layar
  • Gunakan layar komputer yang mudah dilihat dan terbaca dengan baik
  • Berhenti menatap layar ketika sudah 30 menit dan alihkan pandangan dari layar selama 30 detik supaya mata menjadi lebih rileks
  • Ketinggian meja yang sesuai supaya siku bisa ditekuk sebesar 90 derajat terhadap meja
  • Jangan gunakan komputer tanpa lampu ruang, untuk menghindari kerusakan mata Anda
  • Posisi duduk yang nyaman sehingga lutut bisa ditekuk sebesar 90 derajat

Bagi Anda yang memiliki komputer untuk bekerja maupun penunjang pendidikan, perlu lakukan perawatan bukan hanya dilakukan pada perangkat keras tetapi pada perangkat lunak pada komputer juga. Dengan begitu komputer terhindar dari gangguan dan lebih awet dalam penggunaan komputer.